Jaringan Ad-Hoc

Apa itu Ad-Hoc...???
Ad-hoc adalah mode jaringan WiFi yang memungkinkan dua atau lebih device (komputer atau router) untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara langsung (dikenal dengan istilah peer to peer) tanpa melalui Router atau Acces Point (AP)Sedangkan jaringan WiFi yang menggunakan sebuah Acces Point Router untuk menghubungkan antara semua client dengan sumber daya jaringan lainnya disebut jaringan WiFi mode Infrastructure.

Pada jaringan ad hoc setiap node tidak hanya berfungsi sebagai pengirim dan penerima informasi tetapi juga berfungsi sebagai pendukung jaringan seperti router. Oleh karena itu maka diperlukan sebuah routing protokol yang ditanamkan pada jaringan ad hoc tersebut. 

Jadi Ad hoc ini dapat digunakan untuk berbagi file dari satu komputer ke komputer yang lain atau bisa juga digunakan untuk bermain game multiplayer dengan jaringan Local Area Network. Misalkan bermain Counter Strike atau DotA.

Hal-hal yang perlu diingat mengenai jaringan Ad-Hoc:
1. Komputer atau perangkat yang ingin dihubungkan ke jaringan Ad hoc harus mempunyai kemampuan Wi-Fi.
2. Komputer atau perangkat harus berada dalam radius maksimum 30 kaki (9 Meter) dari komputer yang membuat jaringan (Server)
3. Jika anda membuat jaringan Ad hoc baru, maka anda akan terputus dari semua jaringan wireless yang sudah terhubung dengan anda sebelumnya.

Cara Membuat Jaringan Ad-Hoc di Windows 7:
1. Buka "Network and Sharing Center", caranya yaitu dari System Tray klik ikon komputer dan pilih “Open Network and Sharing Center.”

2. Ketika sudah sampai di "Network and Sharing Center", pilih menu "Set up new connection or network" lalu akan muncul jendela baru.

3. Pilih "Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network". Biasanya pilihan ini ada di paling bawah.

4. Setelah itu akan keluar sekilas informasi tentang Ad-Hoc, lalu klik Next.

5. Selanjutnya isi data-data berikut:
> Network Name (Nama jaringan anda).
> Security Type (Tipe keamanan dari jaringan anda).
  • -  No authentication (OPEN) = Tidak menggunakan password.
  • - WEP = Tipe keamanan menggunakan password, tapi sudah kuno. Digunakan untuk perangkat-perangkat atau komputer lama. Tidak disarankan.
  • - WPA2-PERSONAL = Teknologi menggunakan password yang lebih modern dan lebih kuat.
> Security Key (Password Min. 8 karakter)
Setelah itu klik Next.

6. Windows akan membuat jaringan Ad-Hoc yang anda inginkan, setelah selesai maka akan muncul tampilan seperti berikut.
   
-Selamat Mencoba-

0 komentar:

Pro I.T. Share. Powered by Blogger.