Cara Membuat Bootable USB Drive Linux


Sama seperti OS Windows, OS Linux juga bisa diinstall melalui bootable flashdisk. Caranya yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama UNetbootin.
UNetbootin (Universal Netboot Installer) adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat Live USB tanpa menggunakan CD.
Tanpa panjang lebar berikut akan admin Aris bagikan cara menggunakan UNetbootin:
1. Download terlebih dahulu UNetbootin di bawah ini.
2. Sebaiknya Anda sudah memiliki ISO Linux yang ingin diinstall, apabila tidak maka pastikan komputer Anda terkoneksi ke internet untuk mendownload ISO Linux yang diinginkan.
ScreenShot UNetbootin
3. Setelah Anda memiliki ISO Linux yang diinginkan, maka langkah berikutnya cari di mana Anda meletakkan ISO yang telah didownload dengan cara klik "Diskimage" > ISO > Select disk image file.

4. Pada bagian "Type" pilih "Kotak pemuat USB" dan pada bagian "Drive" pilih di mana lokasi flashdisk Anda berada dan selanjutnya klik OK.
5. Tunggu proses pembuatan bootable USB hingga selesai, biasanya memakan waktu 5-10 menit tergantung besarnya ukuran file ISO Anda.

6. Setelah selesai, maka langkah berikutnya klik Reboot.

7. Setelah reboot selanjutnya tekan F2 / F10 / Delete untuk Masuk ke BIOS dan ubah boot priority menjadi USB Flashdisk Anda.
Sekarang Anda bisa menginstall Linux menggunakan Flashdisk dan Selamat Mencoba.

0 komentar:

Pro I.T. Share. Powered by Blogger.